a. Pastikan setelah selesai mendaftar Kamu sudah mendapatkan kode kupon pelatihan. Setelah mendapatkan kupon, peserta dapat menghubungi lembaga pelatihan pada websitenya atau dengan mekanisme komunikasi lain dengan menunjukkan identitas diri, nomor kartu prakerja, dan kode kupon kepada lembaga pelatihan untuk diarahkan lebih lanjut oleh masing-masing lembaga pelatihan.

b. Pastikan Kamu menghubungi lembaga pelatihan menggunakan mekanisme penukaran kupon yang disarankan. Info lebih lanjut Anda bisa menghubungi lembaga pelatihan tersebut. 

c. Pastikan Kamu telah menukarkan/menggunakan kupon kamu menggunakan Akun Kemnaker yang sesuai. Apakah kamu login menggunakan akun Kemnaker yang tepat? Ada banyak laporan masuk kendala seperti ini terjadi karena Akun yang digunakan menukarkan kupon berbeda dengan akun kartu prakerja yang dimiliki (lupa logout/menggunakan akun orang lain di HP/laptop yang sama). Jika memang demikian, untuk penggantian nama akun prakerja yang ada di SISNAKER kamu bisa isi form yang terdapat pada link https://bit.ly/form-pengganti-akun-prakerja. Kami mohon untuk bersabar, akan kami proses. 

d. Seluruh hal terkait pelaksanaan pelatihan, jadwal pelatihan, dan mekanisme penukaran kupon, panduan teknis penyelenggaraan pelatihan di masing-masing lembaga pelatihan harap menghubungi lembaga pelatihan tersebut. Kamu dapat mengevaluasi lembaga tersebut seusai pelatihan. Profil lengkap lembaga dapat kamu lihat di kelembagaan.kemnaker.go.id.