Mekanisme pendaftaran Kartu Pra Kerja di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi dan Kabupaten adalah sebagai berikut:

  1. Arahkan peserta pendaftaran ke meja yang telah disiapkan.

  2. Tanyakan pada peserta apakah peserta sudah memiliki email atau belum. Jika belum, bantu peserta dalam membuat email. Ikuti petunjuk tata cara pembuatan email.

  3. Arahkan peserta untuk mengunjungi situs www.prakerja.go.id dan bantu peserta mendaftar akun Kartu Prakerja.

  4. Minta peserta tidak mengubah nomor HP selama 6 bulan ke depan karena insentif terakhir akan diberikan pada akhir bulan ke-6.

  5. Setelah peserta memiliki akun Kartu Prakerja, arahkan peserta untuk mencatat username dan password. Instruksikan peserta untuk menjaga username dan password dengan baik. Username dan password tidak boleh diberikan kepada orang lain atau disimpan orang lain, termasuk petugas.

  6. Bantu peserta pada saat sesi foto KTP dan foto selfie dengan KTP. Pastikan peserta berfoto sesuai dengan ketentuan.

  7. Berikan kertas HVS A4 dan alat tulis kepada peserta pada saat tes tertulis.

  8. Setelah peserta dinyatakan lolos tes seleksi tertulis, bantu peserta dalam memilih batch atau gelombang pendaftaran Kartu Prakerja.

  9. Setelah memilih batch infomasikan kepada peserta bahwa pengumuman tes seleksi dapat dilihat di email peserta dan pembelian kursus/pelatihan dan pelaksanaan pelatihan bisa dilakukan mulai 17 April 2020.

  10. Pendamping teknis wajib menghapus file foto eKTP dan foto selfie peserta dengan KTPnya setelah peserta selesai melakukan proses pendaftaran.

  11. Jika saat proses pendaftaran terdapat kendala atau masalah, hubungi customer care Kartu Prakerja di:

    • Hotline Customer Care          : 021-25541246

    • Kirim Email                            : info@prakerja.go.id

    • Jam Operasional                   : Senin-Jumat 08.00-19.00

  12. Staf yang bertugas maksimal hanya 2 (dua) orang per hari.

  13. Pastikan ruang/lokasi pendaftaran terpisah dengan ruangan/lokasi pelatihan.

  14. Pastikan meja, kursi, lampu, dan perabotan pendukung lainnya tersedia dan dapat digunakan.

  15. Persiapkan Alat Tulis Kantor (ATK) seperti kertas HVS A4, pulpen, gunting, lem kertas, dan lainnya.

  16. Persiapkan larutan antiseptik untuk tangan (hand sanitizer) dan disinfektan. Juga tempat cuci tangan dengan air dan sabun.

  17. Persiapkan thermometer tembak untuk mengukur suhu 

  18. Pastikan peralatan elektronik (roll kabel, stop kontak, printer dan lain-lain tersedia dan dapat digunakan

  19. Pastikan laptop, computer, tablet HP yang memiliki kamera dapat digunakan dengan baik dan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

  20. Pastikan laptop, computer, tablet, HP sudah terinstall dengan web browser terupdate.

  21. Pisahkan laptop, computer, tablet, HP yang akan digunakan untuk pendaftaran dan pelatihan.

  22. Buat form jam layanan yang isinya: hari dan jam layanan. Cetak dan tempelkan pada pintu masuk ruangan pendaftaran dan pelatihan.

  23. Unduh tata cara pembuatan email www.prakerja.go.id, kemudian cetak dokumen tersebut dan tempelkan pada meja khusus untuk melakukan pendaftaran.

  24. Unduh tata cara pendaftaran akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, kemudian cetak dokumen tersebut dan tempelkan pada meja khusus untuk melakukan pendaftaran.

  25. Bila menggunakan desktop, siapkan g-drive umum yang secure untuk tempat menampung foto eKTP dan swafoto peserta.

  26. Pastikan di setiap meja pendaftaran terdapat 1(satu) laptop/computer/tablet/HP, hand sanitizer, kertas HVS A4, alat tulis, tata cara pembuatan email, dan tata cara pendaftaran Kartu Prakerja. Khusus tata cara pembuatan email dan pendaftaran Kartu Prakerja harap sudah dulaminating dan ditempel disetiap meja, sehingga mudah dibersihkan dan tidak mudah rusak.

  27. Atur tata letak meja dan kursi antara peserta sesuai dengan kaidaj physical distancing minimum jarak 1 meter (samping, depan, belakang, antara 1 meja dengan yang lainnya). Hal ini sesuai dengan anjuran pencegahan penyebaran virus corona.

  28. Menyediakan petugas yang berjaga disetiap ruangan pendaftaran dan pelatihan dalam rangka mengantisipasi pertanyaan dan masalah teknis dari peserta.

  29. Bila terjadi antrian, atur alur antrian peserta pendaftaran dan pelatihan dengan jarak minimal 1 meter dengan menggunakan batas sendiri.

  30. Setiap orang yang masuk ke ruangan pendaftaran wajib diukir suhu badannya dengan menggunakan thermometer tembak. Jika suhu badan orang tersebut melebihi 37.5° maka orang tersebut tidak diperbolehkan masuk. Hal ini berlaku bagi peserta pendaftaran dan petugas pendaftaran.

  31. Peserta pendaftaran dan pelatihan wajib menggunakan masker, demikian juga dengan petugas.

Membersihkan keyboard computer, meja, alat tulis, serta kertas tata cara pembuatan email dan tata cara pendaftaran dengan cairan disinfektan setiap penggantian peserta.

Jika anda merasa terbantu dengan informasi ini, silakan beri ‘like’ dan jika informasi ini tidak bermanfaat untuk anda, silakan beri ‘dislike’. Partisipasi anda akan membantu kami dalam meningkatkan pelayanan SIAPkerja.