1. Untuk permasalahan sertifikat di dashboard prakerja, Anda dapat melakukan hal berikut:
        1.  Pastikan nama akun kemnaker Anda sesuai dengan akun prakerja Anda. 
        2. Pastikan Anda sudah dinilai oleh lembaga pelatihan Anda di sisnaker. Untuk mengetahuinya                              silahkan hubungi Lembaga pelatihan terkait, profil Lembaga dapat dilihat pada                                                         kelembagaan.kemnaker.go.id
        3. Pastikan Anda sudah isi ulasan dan rating pada menu pelatihan saya. Untuk panduan                                             memberikan ulasan dan rating anda dapat mengakses pada link                                                                                       https://www.youtube.com/watch?v=rNn7FFo6WYU
        4. Bila sudah, Anda dapat mendownload sertifikatnya. Untuk panduan mendownload sertifikat                              pelatihan anda dapat mengakses pada link https://www.youtube.com/watch?v=ibppx7b4pes
        5. Terkait sertifikat yang belum muncul pada dashboard prakerja, pastikan Anda sudah                                         memberikan rating/ulasan di mitra pelatihan dan SISNAKER, kemudian silakan menunggu                        update di prakerja.go.id hingga sinkronisasi data selesai. Setelah sinkronisasi selesai, Anda                             dapat memilih pelatihan lain (jika saldo masih ada), sertifikat akan muncul di dashboard, dan                           proses penjadwalan insentif akan ada. Link tatacara pengisian ulasan dan rating bisa diakses                               pada https://www.youtube.com/watch?v=rNn7FFo6WYU
      2. Laporan dari Sisnaker sudah secara otomatis dikirim kepada Manajemen Pelaksana pada H+1                setelah anda tuntas administrasi pelatihan, yaitu mendapat sertifikat, mengisi ulasan dan rating di                Sisnaker. 
      3. Jika tidak bisa memberikan ulasan/rating karena tidak ada pada menu penilaian atau status                          pelatihan belum selesai/masih aktif, kami mohon untuk menghubungi lembaga pelatihan  penyelenggara untuk memastikan agar juga memberikan penilaian di SISNAKER. Hal ini dikarenakan              lembaga pelatihan hanya memberikan penilaian di portal lembaga namun belum dilakukan di portal       SISNAKER. Silakan cek nomor kontak lembaga di kelembagaan.kemnaker.go.id.
      4. Syarat agar bisa mengikuti pelatihan lainnya, memunculkan sertifikat pada dashboard, serta                 memunculkan jadwal pencairan insentif adalah:
        1. Telah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat lembaga dan Kemnaker (2                                           sertifikat). Jika sertifikat Kemnaker belum ada, silakan hubungi lembaga untuk memberikan                                penilaian pada SISNAKER.
        2.  Telah memberikan ulasan/rating pada pelatihan yang diikuti.
        3. Telah menyambungkan akun rekening atau nomor gopay, OVO, serta Link Aja (dipilih salah satu                        saja).
      5. Jika semua telah tahapan telah dilalui, terkait pencairan insentif, lamanya proses pencairan,         mekanisme survei atau proses sinkronisasi data di dashboard kartu prakerja, Anda dapat melihat     https://www.prakerja.go.id/faq . Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi : info@prakerja.go.id       dan Call Center Layanan Masyarakat: 021-25541246 Jam operasional Call Centre: Senin - Jumat, Pk.              08.00 s/d Pk. 19.00 WIB.

                        Jika anda merasa terbantu dengan informasi ini, silakan beri ‘like’ dan jika informasi ini tidak bermanfaat untuk                         anda, silakan beri ‘dislike’. Partisipasi anda akan membantu kami dalam meningkatkan pelayanan Sisnaker.