1. Untuk permasalahan sertifikat di dashboard prakerja, Anda dapat melakukan hal berikut:
a) Pastikan nama akun kemnaker Anda sesuai dengan akun prakerja Anda.
b) Pastikan Anda sudah dinilai oleh lembaga pelatihan Anda di sisnaker. Untuk mengetahuinya silahkan hubungi Lembaga pelatihan terkait, profil Lembaga dapat dilihat pada kelembagaan.kemnaker.go.id
c) Bila sudah, Anda dapat mendownload sertifikatnya. Untuk panduan mendownload sertifikat pelatihan anda dapat mengakses pada link https://www.youtube.com/watch?v=ibppx7b4pes
d) Pastikan Anda sudah isi ulasan dan rating pada menu pelatihan saya di Sisnaker. Untuk panduan memberikan ulasan dan rating anda dapat mengakses pada link https://www.youtube.com/watch?v=rNn7FFo6WYU . Mulai 18 Maret 2021 pengisian ulasan dan rating pelatihan dilakukan langsung pada dashboard peserta pada prakerja.go.id. Informasi lebih lanjut bisa melihat prakerja.go.id

2. Laporan dari Sisnaker sudah secara otomatis dikirim kepada Manajemen Pelaksana pada H+1 setelah LPK mengisi nilai Anda di Sisnaker.

3. Syarat agar bisa mengikuti pelatihan lainnya, memunculkan sertifikat pada dashboard, serta memunculkan jadwal pencairan insentif adalah:
a) Telah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat lembaga dan Kemnaker (2 sertifikat). Jika sertifikat Kemnaker belum ada, silakan hubungi lembaga untuk memberikan penilaian pada SISNAKER.
b) Telah memberikan ulasan/rating pada pelatihan yang diikuti.
c) Telah menyambungkan akun rekening atau nomor gopay, OVO, serta Link Aja (dipilih salah satu saja).

4. Jika semua telah tahapan telah dilalui, terkait pencairan insentif, lamanya proses pencairan,     mekanisme survei atau proses sinkronisasi data di dashboard kartu prakerja, Anda dapat melihat     https://www.prakerja.go.id/faq atau akun Instagram @prakerja.go.id. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi : info@prakerja.go.id     dan Call Center Layanan Masyarak 0800-150-3001. Jam operasional Call Centre: Senin - Minggu, Pk. 08.00 s/d Pk. 20.00 WIB.