"Nomor/kode kupon/voucher/token diisi oleh LPK mitra sebagai bukti penerima kartu prakerja benar telah mendaftar di sisnaker dengan nomor/kode yang diakui LPK mitra. Kupon / voucher adalah media pengganti pembayaran bagi peserta pelatihan yang akan mengikuti pelatihan di Lembaga pelatihan. Peserta akan mendapat kode ini bila dia telah mendaftar di sisnaker dan dibawa ke LPK sebagai bukti dia sudah membayar. Umumnya verifikasi kode bisa melalui menu pembayaran di website LPK atau melalui verifikasi manual (tapi ini kurang disarankan, karena yang disarankan adalah full online untuk saat ini)


misal : kode kupon AB2000-AB5000

nomor kupon bisa acak/bisa berurut (disarankan acak)

jumlah kupon disesuaikan kuota yg diberikan LPK mitra kepada sisnaker (untuk saat ini belum dibatasi, kedepan kemungkinan akan dibatasi)

Sebagai contoh seperti ini:


Ada sebuah Hotel A membuat kupon / voucher menginap dengan tipe kamar delux. Kupon / voucher tersebut diberikan kepada marketing pihak ke tiga untuk dijual. Lalu marketing tersebut menjual kupon / voucher tersebut kepada bapak / ibu misalnya. Lalu bapak / ibu datang ke hotel tersebut untuk menginap dengan membawa kupon / voucher yang sudah bapak / ibu beli pada marketing pihak ke 3 tadi. Lalu pihak Hotel A akan mengecek apakah voucher / kupon tersebut valid di sistem mereka, kalau valid maka bapak / ibu bisa menginap dengan kriteria kupon tersebut.


Kalau kita ambil garis besar dari contoh diatas maka bisa disimpulkan dalam hal prakerja ini:


1. Hotel = lembaga pelatihan bapak / ibu


2. Marketing pihak ke 3 = SISNAKER


3. Bapak / ibu pembeli tadi = peserta pelatihan


 


Maka dari pada itu, sangat penting meng-informasikan tata cara penukaran kupon tersebut di SISNAKER sedetil mungkin pada kolom yang sudah kami sediakan pada saat membuat pelatihan.


Dan untuk penukaran kupon pun sebenarnya tidak mesti harus punya platform khusus, sebagai contoh bapak ibu bisa menggunakan media SMS atau whatsapp, sebagai contoh tata cara penukaran kupon:


1. Kirim pesan dengan format TUKAR KUPON <NO KUPON> UNTUK PELATIHAN <JUDUL PELATIHAN>


2. Kirim pesan ke no whatsapp 0812xxx


3. Kami akan melakukan verifikasi kupon dan akan mengontak Anda


 


Itu contoh tata cara penukaran kupon manual, untuk platform bisa menyesuaikan tata cara penukaran kuponnya."