Pertama kamu bisa penuhi Kriteria dan Persyaratan untuk menjadi Mitra Kartu Prakerja di SISNAKER. (lihat FAQ sebelumnya)

 

Kedua, kamu pahami regulasi dan pedoman terkait Program Kartu Prakerja, yaitu :

  • Perpres No. 36 Tahun 2020
  • Permenko Bidang Perekonomian No. 3 Tahun 2020
  • PMK No. 25 Tahun 2020

 

Ketiga, ikuti mekanisme pendaftaran  untuk menjadi Mitra Kartu Prakerja SISNAKER yaitu:

  1. LPK mengajukan surat untuk melakukan pendaftaran pada platform digital Sisnaker. ditujukan kepada Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemnaker, dan ditembuskan kepada Dirjen Binalattas Kemnaker. Surat pengajuan pendaftaran ditandatangani oleh pimpinan/kepala/direktur LPK, dengan melampirkan beberapa dokumen.       
  2. Surat usulan pendaftaran untuk sementara (sampai dengan selesainya pengembangan sistem aplikasi pendaftaran) disampaikan secara elektronik melalui email; barenbangprakerja@kemnaker.go.id dan di tembuskan ke: pelatihanprakerja@kemnaker.go.id; perizinandanakreditasi@kemnaker.go.id atau disampaikan secara fisik ke Barembang dan Ditjen Binalattas kemnaker .
  3. LPK akan mendapatkan notifikasi melalui email, bahwa surat permohonan telah diterima
  4. LPK melakukan registrasi pada sisnaker dengan membuat akun Kemnaker
  5. Proses pendaftaran selesai

Keempat, ikuti mekanisme verifikasi/kurasi LPK yang meliputi:

  1. Aspek kelembagaan
    1. Masuk ke akun kelembagaan.kemnaker.go.id dengan login ID NIK, nomor HP atau alamat email & password atau dapat melihat panduan dichannel youtube https://youtu.be/flQS4rgceLA
    2. Seluruh Instruktur LPK harus memiliki akun kemnaker masing masing.
    3. Jika sudah memiiliki VIN kirimkan data/dokumen:
      1. NIB/Kode Satker
      2. Norek BNI dan Cabang BNI
      3. Akreditasi LPK (sangat disarankan) Ke email PIC akreditasidanperizinan@kemnaker.go.id 
    4. Jika belum memiiliki VIN, harus membuat VIN terlebih dahulu
  2. Aspek program pelatihan
  3. Mendapatkan konfirmasi dari admin/PIC program melalui email LPK
  4. Masuk ke proglat.kemnaker.go.id dengan login ID (NIK, nomor HP atau alamat email & password) yang sama saat membuat kelembagaan.kemnaker.go.id.
  5. Input/masukan data yang memuat informasi:
    1. Nama/judul program
    2. Deskripsi/tujuan program pelatihan
    3. unit kompetensi/ subjek/substansi pelatihan yang akan di pelajari
    4. Durasi/waktu pelatihan
    5. Persyaratan instruktur
    6. Persyaratan siswa
    7. Alat dan bahan yang dibutuhkan
  6. Upload data/dokumen:
  7. Cover/gambar program pelatihan
  8. Program/ kurikulum pelatihan
  9. Materi pelatihan
  10. Materi tugas praktek
  11. Materi asesmen/ujian
  12. Kirim data/informasi dan dokumen ke admin/PIC, sebagaimana sistem yang tersedia (penting)
    1. Aspek penyelenggaraan pelatihan
      1. Input/masukan data
        1. Link website
        2. LMS
        3. Harga program
        4. Nomor/kode kupon/voucher
        5. Mekanisme penukaran kupon/ voucher
        6. Call Center

Kelima, penambahan program latihan

Penambahan atau perubahan program pelatihan, dapat dilakukan setelah LPK telah menyelenggarakan pelatihan (secara daring) minimal 3(tiga) minggu dan telah diikuti 18 oleh peserta pelatihan, atau LPK telah menyelenggarakan pelatihan (secara luring) minimal 1 (satu) bulan dan telah diikuti oleh peserta pelatihan

Keenam, Penyampaian dan kurasi ke PMO

Seluruh dokumen LPK yang memenuhi syarat dan telah di verifikasi/kurasi oleh tim teknis sisnaker sebagaimana proses yang dilakukan pada tahap keempat diatas, akan disampaikan secara resmi ke manajemen pelaksana (PMO) kartu prakerja untuk dilakukan kurasi

Ketujuh, Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama

LPK yang memenuhi syarat dan telah dikurasi oleh PMO sebagai mitra kartu prakerja di platform digital Sisnaker, sebelum LPK dan program pelatihannya di tayangkan/dipublikasi harus melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Sisnaker dengan LPK.

Kedelapan,   LPK & Program Pelatihan Siap tayang di Sisnaker

Setelah penandatangan PKS, LPK dan seluruh program pelatihan yang telah dikurasi oleh PMO ditayangkan di Sisnaker, untuk dapat di akses oleh peserta program kartu prakerja.

 

Jika mengalami kesulitan dalam aplikasi silahkan lihat channel Youtube Panduan Layanan Sisnaker pada link https://www.youtube.com/channel/UC0QUook-0bBaDCvoKnPl-5g

Untuk pedoman lengkap bagaimana LPK bisa menjadi Mitra Kartu Prakerja SISNAKER, kamu bisa unduh  link http://bit.ly/pedoman_mitra_prakerja_sisnaker