VIN merupakan singkatan dari Verification Identification Number, yaitu sebuah angka unik yang digunakan untuk memferifikasi kelengkapan data Lembaga Anda agar dapat dimasukan kedalam Layanan Kelembagaan Kemnaker RI.


Setelah Anda melakukan pendaftaran Lembaga Anda untuk pertama kali, maka Anda akan diarahkan ke halaman untuk melengkapi data Lembaga Anda.  Setelah Anda melengkapi semua data yang diperlukan, maka sistem secara otomatis akan memberikan Anda VIN yang menandakan Lembaga Anda sudah secara resmi terferifikasi oleh Layanan Kelembagaan.



Berikut panduan untuk memperoleh VIN dan melengkapi data Lembaga Anda setalah melakukan pendaftaran. Silakan tekan tombol “Mulai” untuk memulai proses melengkapi data Lembaga Anda:


1. Profil Lembaga.

Pada halaman Profil Lembaga ini, Anda diwajibkan melengkapi data-data termasuk didalamnya:

  • LUAS AREA, Anda dapat memberikan informasi Luas Area dari Lembaga Anda dalam m2 (contoh: 1500 m2)
  • PETA LEMBAGA, Pada bagian ini Anda dapat menunjuk satu titik lokasi Lembaga Anda dalam peta yang tersedia
  • POTENSIAL SEKTOR, merupakan sektor-sektor yang mewakili Lembaga Anda. Anda dapat memasukan data sektor lebih dari satu dengan menekan tombol enter setelah selesai mengetik nama sektor
  • KEJURUAN TERSEDIA, merupakan kejuruan yang dimiliki secara keseluruhan oleh Lembaga Anda. Anda dapat memasukan data kejuruan lebih dari satu dengan menekan tombol enter setelah selesai mengetik nama kejuruan
  • KEJURUAN UNGGULAN. merupakan informasi kejuruan yang menjadi keunggulan dari Lembaga Anda. Anda dapat memasukan data kejuruan unggulan lebih dari satu dengan menekan tombol enter setelah selesai mengetik nama kejuruan

Setelah semua data lengkap, silakan lanjutkan ke tahapan selanjutnya dengan menekan tombol “Selanjutnya”




2. Foto Lembaga

Pada halaman Foto Lembaga ini, Anda wajib mengunggah foto yang menunjukan Lembaga Anda. Foto ini akan ditampilkan sebagai foto profil Lembaga Anda dalam halaman Pencarian pada Layanan Kelembagaan.


Catatan: agar foto profil Lembaga Anda terlihat bagus, silakan menggunggah foto yang berukuran minimal dimensi 1024px.


Setelah selesai Mengunggah foto profil, Anda bias lanjutkan dengan menekan tombol “Selanjutnya”.




3. Pegawai

Pada halaman berikutnya, Anda akan dipandu untuk memberikan informasi mengenai detil pegawai yang bekerja pada Lembaga Anda.


Data yang dimasukan adalah data perorangan pegawai Lembaga Anda. Setelah selesai mengisi satu orang data pegawai, Anda dapat menyimpannya dengan menekan tombol “Simpan”. Maka secara otomatis data Pegawai tersebut akan masuk ke dalam daftar Pegawai pada bagian bawah form.


Untuk memasukan data pegawai yang lain, Anda dapat mengulaginya dengan memasukan data pegawai berikutnya ke dalam form isian dan setelah selesai silakan simpan kembali data pegawai dengan menekan tombol “Simpan”.


Silakan gunakan tombol “Reset” untuk menghapus data Pegawai yang sudah Anda isi sebelumnya. Maka form isian akan kembali menjadi kosong (kembali ke keadaan awal)


Semua data yang bertanda (*) merupakan data yang wajib untuk diisi.


Setelah selesai menyimpan semua data pegawai, Anda dapat melanjutkan proses melengkapi data Lembaga Anda dengan menekan tombol “Selanjutnya”.




4. Ruang Kelas

Pada halaman ini, Anda akan dipandu untuk melengkapi data Ruang Kelas untuk tiap-tiap Kejuruan yang sudah Anda daftarkan pada halaman Profil Lembaga. Silakan pilih satu persatu dan lengkapi data Sub-Kejuruan, Jumlah kelas, Kapasitas peserta tiap ruangan, dan Kondisi dari Ruang Kelas yang disediakan.


Silakan simpan data Ruang Kelas satu-persatu untuk tiap Kejuruan dengan menekan tombol “Simpan


Setelah selesai silakan lanjutkan proses dengan menekan tombol “Selanjutnya”.


 

 

5. Tempat Uji Kompetensi

 

Berikutnya, pada halaman ini Anda akan di minta untuk melengkapi informasi untuk Tempat Uji Kompetensi untuk tiap-tiap Kejuruan yang Lembaga Anda miliki.

  

Sama seperti proses sebelumnya, Anda akan dipandu untuk melengkapi data Ruangan Kelas untuk tiap-tiap Kejuruan yang sudah Anda daftarkan pada halaman Profil Lembaga. Silakan pilih satu persatu dan lengkapi data Sub-Kejuruan, Jumlah kelas, Kapasitas peserta tiap ruangan, dan Kondisi dari Ruang Kelas yang disediakan.

  

Silakan simpan data Tempat Uji Kompetensi satu-persatu sesuai tiap-tiap Kejuruan dengan menekan tombol “Simpan

  

Setelah selesai silakan lanjutkan proses dengan menekan tombol “Selanjutnya”.



   

6. Bangunan Lainnya

 

Halaman berikutnnya merupakan halaman untuk melengkapi data Bangunan Lainnya atau Fasilitas Lainnya (dalam bentuk Gedung) yang dimiliki oleh Lembaga Anda.

  

Pada halaman ini, Anda akan diminta untuk memasukan dan menyimpan data berupa Tipe Bangunan, Jumlah bangunan, Luas Area dari bangunan tersebut, Kapasitas bangunan, dan Kondisi dari bangunan itu sendiri.

  

Anda dapet menyimpan data Bangunan Lainnya lebih dari satu ke dalam daftar bangunan dengan menekan tombol “Simpan

  

Setelah selesai silakan lanjutkan proses dengan menekan tombol “Selanjutnya”.



   

7. Peralatan

 

Pada halaman ini Anda akan diminta untuk melengkapi informasi standar Peralatan yang digunakan/disediakan sesuai dengan informasi yang telah disimpan pada bagian Ruang Kelas sebelumnya.

  

Silakan data dan masukan jumpah tiap-tiap peralatan yang menjadi standar untuk tiap-tiap sub-kejuruan. Biasanya peralatan akan di kategorikan menjadi dua kategori, yaitu: Kategori Alat Kerja (K3) dan Kategori Perkakas Tangan.

  

Setelah Anda melengkapi data peralatan, silakan lanjutkan dengan menekan tombol “Selanjutnya” untuk menuju ke proses berikutnya.


    


Setelah Selesai dan data berhasil dilengkapi, maka secara otomatis sistem akan memverifikasi dan bila lolos dan sesuai dengan minimal kelengkapan informasi, maka Anda akan diarahkan ke halaman VIN sebagai bukti bahwa Kelengkapan Informasi telah berhasil dilakukan.

  

Silakan tekan tombol “Selesai” untuk menyelesaikan proses mendapatkan VIN Lembaga Anda.


   


Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman Kelola Lembaga: