Untuk mendapatkan pelayanan dari Kementerian Ketenagakerjaan, Anda dapat  datang langsung ke Kementerian Ketenagakerjaan atau melalui Layanan Terpadu Satu Pintu (kemnaker.go.id). Perbedaan antara keduanya dapat dilihat dengan jelas pada simulasi di bawah ini:


Datang langsung ke Kementerian Ketenagakerjaan.

  • Anda dapat langsung untuk mendapatkan pelayanan pada hari kerja dan waktu tertentu (Silakan periksa kembali jadwal setiap layanan).
  • Setelah datang langsung, Anda dapat mengambil nomor antrian pada setiap layanan ketenagakerjaan yang Anda tuju. 
  • Anda harus menunggu antrian sebelum mendapatkan pelayanan sampai nomor antrian anda dipanggil.
  • Setelah nomor antrian Anda terpanggil, maka Anda dipersilakan untuk bertemu dengan petugas representatif Kementerian untuk membantu keperluan anda.
  • Perlu diingat untuk melengkapi semua dokumen-dokumen yang diperlukan, karena jika tidak Anda harus datang kembali dan melkukan proses antrian dari awal.
  • Selain itu, perlu di ingat ada beberapa layanan yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan yang dilayani oleh beberapa divisi berbeda yang berbeda yang berlokasi juga berbeda-beda. Pastikan anda tidak salah menunggu.


Melalui Portal layanan terpadu satu pintu (kemnaker.go.id)

Dengan menggunakan Portal kemenaker.go.id Anda dapat mendapatkan layanan langsung tanpa mengantri dari perangkat lunak Anda seperti Ponsel, Desktop dan Laptop. 


Dengan menggunakan WEB browser dan internet Anda  langsung dapat menikmati layanan-layanan yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dimanapun dan kapanpun.


Jadi, perbedaan yang utama adalah layanan-layanan yang disediakan melalui kemenaker.go.id  dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui web browser dan internet dengan lebih effisien dan effektif.