Yang berhak mendapat adalah pekerja/buruh swasta dengan upah di bawah     Rp 5 juta dan terdaftar sebagai anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini sebagai apresiasi bagi para pekerja yang terdaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

 

Total yang akan mendapatkan bantuan adalah 13,8 juta. Jumlah ini sudah berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan. Dan data ini tidak mencakup pegawai penerima upah dari APBN seperti ASN/PNS/TNI/Polri maupun pegawai BUMN dan BUMD.

 

Selain itu, pekerja yang akan mendapatkan bantuan ini adalah pekerja yang belum pernah mendapatkan bantuan pemerintah atau bantuan sosial pemerintah lainnya dari pemerintah.

 

Bagaimana dengan pekerja yang dirumahkan? Sepanjang belum dinonaktifkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan belum mendapatkan bansos lainnya, maka pekerja yang dirumahkan dapat menerima manfaat.

 

Perlu kami tegaskan juga, di masa pandemi Covid-19 ini, program Kartu Prakerja menjadi salah satu upaya mitigasi dampak pandemi. Sehingga, mereka yang sudah mendapatkan Kartu Prakerja tidak bisa mendapatkan bantuan subsidi upah ini.