Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selain berdampak pada sektor kesehatan juga berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi sehingga berimbas pada pengangguran, PHK dan sebagainya. Terdapat 6 (enam) sektor dunia usaha yang terkena dampak Covid-19, antara lain penyedia akomodasi, makanan dan minuman; perdagangan; transportasi dan pergudangan; kontruksi; jasa lainnya dan industri pengolahan. 

 

Dengan kondisi goncangan ekonomi akibat pandemi Covid-19, maka kelompok pekerja yang bekerja dengan upah ini akan menjadi kelompok rentan yang akan menghadapi penurunan daya beli. Di sisi lain kelompok menengah ini tidak terdata sebagai penerima bantuan sosial sehingga penanganan pemulihan ekonomi dibutuhkan agar kelompok menengah ini tidak mengalami jatuh miskin menjadi hal yang penting, dan pemerintah telah menggelontorkan dana kepada segmen pekerja dalam bentuk Kartu Prakerja, dan skema bantuan sosial lainnya bagi masyarakat non pekerja/buruh.

 

Diharapkan segmen peserta yang diberikan bantuan pemerintah saat ini dapat mempertahankan kesejahteraan serta mendorong daya beli masyarakat pekerja/buruh dalam kerangka mengurangi resesi ekonomi yang dihadapi oleh Indonesia.